Monkey Big Smiley

Selasa, 14 Mei 2013

PENTINGKAH ORGANISASI DI KALANGAN MAHASISWA ?


Penting atau tidaknya organisasi khususnya di kalangan mahasiswa tergantung pribadi masing-masing mahasiswa yang akan menanggapinya. Kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada orang lain agar ikut kedalam organisasi, namun tidak ada juga larangan mensosialisasikan organisasi kepada publik. Dapat di simpulkan bahwa organisasi adalah wadah dimana berkumpulnya sekelompok orang yang memilki tujuan yang sama dengan cara bekerja bersama-sama (corporation together). Di kampus itu hanya ada 3 kegiatan utama yang seharusnya dilakukan oleh para mahasiswa/mahasiswi.

Mencari nilai => Sudah sangat jelas bukan lah sebuah rahsasia umum lagai di kalangan mahaisswa bahwa setiap mahasiswa ingin mendapat nilai sebaik-baiknya dengan berbgai cara karena kebanyakan mereka lebih percaya dengan statistik nilai yang diperolehnya.
Mencari ilmu => Ada ungkapan menarik dari baginda rasulallah sebagai inspirasi bagi kita semua  “tuntutlah ilmu walau sampai kenegri cina” bukan berarti kita harus pergi ke Negara cina untuk menuntut ilmu ini adalah sebuah interpretasi bahwa Ilmu yang dicari oleh para mahasiswa/mahasiswi tidak hanya di kampus atau teori dari buku-buku yang di berikan oleh dosen-doesn, dimana pun kita berada di situlah tempat kita menuntut ilmu. Nah disinilah pentingnya mengikuti organisasi kemahasiswaan karena banyak ilmu tambahan terutama prakteknya yang tidak bisa didapatkan di bangku kuliah (di dalam kelas), contoh sederhana adalah bagaimana caranya membuat suatu rapat menjadi efektif.
Mencari rekan =>Dalam point ini berorganisasi itu sangat penting, karena dengan bergabung dalam wadah organisasi maka akses yang dipunyai untuk berhubungan dengan orang lain akan bertambah berlipat-lipat. Dengan berorganisasi kita tidak hanya berteman dengan kawan –kawan sekelas atau pun sefakultas organisasi ekstra contohnya kita banyak bertemu dengan orang yang intelek di dalam oraganisasi yang tidak hanya di internal kampus juga antar kampus.
            Setelah mengetahui keutaman yang di lakukan oleh setiap mahasiswa , lalu Pertanyaan nya sekarang adalah, Kenapa kita harus berorganisasi? Pertanyaan ini mungkin sudah basi kedengarannya di telinga mahasiswa. Jawaban yang ada mungkin berbeda-beda sesuai dengan redaksi jawaban dari yang ditanya, namun disini kami akan berbagai sedikit dari hasil diskusi, setidaknya ada beberapa point penting yang menyebabkan kenapa kita harus berorganisasi.
1.      Upgrade softskill
            Softskill merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam menyambut tantangan globalisasi, saat ini tidak cukup dengan hanya mengandalkan IPK yang tinggi softskill pun berperan aktif dalam menetuntukan nasib kita, nah disini oraganisasi sangat membantu sekali dalam proses ugrade soft skill tersebut.

2.      Membangkitkan rasa rasa nasionalisme
Dengan berkumpulnya dari berbagai elemen dan pemikiran, menjadi kan organisasi sebagai satu lah bentuk untuk membangkitkan rasa nasionalisme di kalangan mahasiswa.

3.      Mengembangkan minat dan bakat
            Saya percaya bahwa setiap manusia yang terlahir di dunia ini pasti memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda, tergantung disiplin apa yang ia di gelutinya. Namun tidak sedkit dari mereka yang memiliki potensi dalam diri mereka harus rela mengusap dada karena tidak bisa mengejar atau memaksimalisaikan potensi tersebut. Perlu ada nya tempat atau wadah yang terorganisir untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri kita. Disini organisasi memliki peran yang cukup urgen Untuk mengembangkan minat dan bakat tersebut setidaknya sarana menyalurkan minat dan bakat.

4.      Wadah bertukar pikiran dalam berbagai disilpin ilmu
            Ada satu hal yang mungkin tidak di sadari oleh kebanyakan teman-teman mahasiswa, bahkan merupakan suatu keharusan  yakni budaya diskusi. Budaya ini sudah lama mendarah daging yang dahulunya di lakukan oleh mereka yang telah sukses salah satunya budi utomo dimana beliau dengan pemikir-pemikiranya mampu membakar semangat para pemuda ini semua tidak terlepas dari diskusi-diskusi.
            Faktanya sekarang berbalik 180 derajat mahasiswa kebanyakan enggan bahkan tidak suka dengan budaya diskudi yang telah menjadi sebuah sivilisasi di dunia kampus. padahal dengan berdiskusi kita bisa bertukar pikiran, menerima kritikan serta saran sehingga tidak menjadikan keegoisan dalam diri kita, kita bisa mengahargai pendapat orang lain dan masih banyak lagi ilmu yang kita akan temui di diskusi tersebut.
        
Organisasi mana yang harus kita pilih ?
            Kembali lagi kepada pribadi masing-masing namun yang terpenting adalah kenyamanan dalam organisasi tersebut. Kesimpulannya bahwa organisasi adalah wadah pengembangan diri, wadah – dimana mahasiswa yang secara psikologi perkembangan telah memasuki taraf kedewasaan- membutuhkan semacam “simulasi kehidupan” untuk menghadapi kehidupan nyata di luar sana, wadah dimana para aktivis organisasi mengimplementasikan apa yang mereka dapatkan di bangku pendidikan kedalam objek nyata di kehidupan mereka, dan lain-lain sebagainya.
            Banyak sekali pelajaran dan pendidikan yang didapatkan dalam berorganisasi.Didalam organisasi kita bisa belajar disiplin,menghargai waktu,menghargai orang lain,kita dapat mempelajari teknik berkomunikasi dan bersosialisasi dengan berbagai macam tipe manusia dan budaya yang kelak akan berguna bagi diri kita,kita juga dapat mengaplikasikan segala ilmu yang telah kita dapatkan,implementasi ilmu dalam bentuk konkrit bukan sekedar teori dan masih banyak lagi manfaat organisasi.

0 komentar:

Posting Komentar